Sabtu, 28 Februari 2015

Parenting for Virtual Generation

Putri Puspitarani & Pariman

Fakultas Psikologi Undip
Magister Profesi Psikologi UGM

putri.tarani@gmail.com
pariman@mail.ugm.ac.id

ABSTRAK

Teknologi telah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat modern dan memainkan peran yang semakin penting dalam membentuk perilaku dan aktivitas manusia. Akses mudah teknologi canggih dengan kombinasi komunikasi global mampu melampaui batas-batas geografis dan waktu. Lahirlah generasi virtual, masyarakat yang sebagian besar waktunya bersinggungan dengan media digital berupa internet yang menyediakan berbagai fasilitias.
Games adalah salah satu fasilitas yang bisa diakses  dan menjadi bagian dari kehidupan. Muncul anak-anak muda yang menghabiskan sebagian besar waktu dengan game. Secara universal,  game  mengantarkan realitas yang memiliki aturan berbeda dengan dunia yang dimiliki oleh orangtua mereka. Para gamer  lebih banyak berinteraksi dengan teknologi media interaktif tersebut selama masa perkembangannya. Konsekuensinya, tingkat perkembangan anak dan cara mendidik anak oleh orangtua juga ikut dipengaruhi.
Ada perbedaan antara anak mudah generasi virtual dengan para orangtua mereka yang tumbuh dan berkembang pada zaman tradisional. Berbeda pula kebiasaan yang dilakukan anak-anak dalam menghabiskan waktu luang. Orangtua dengan  frame tradisional melihat  game  sebagai ancaman atau kegiatan yang membuang waktu. Orangtua mencemaskan sosialisai, kekerasan, seksisme, dan kebodohan yang mungkin dialami anak-anak akibat bermain  game. Di sisi lain, anak-anak yang bermain  game merasa belajar banyak hal dari bermain  game, mereka memiliki pemahaman akan perbedaan antara dunia virtual dalam game dengan dunia nyata.
Paper  ini, menggunakan metode observasi dan tinjauan pustaka untuk menggali cara pengasuhan orangtua terhadap anak-anak generasi virtual. Orangtua yang bersedia melihat lebih jauh dunia yang dialami anak-anak dapat memahami dan memperlakuka generasi virtual dengan lebih bijaksana.

Kata kunci: pengasuhan, generasi virtual, game


*) Paper dipresentasikan dalam rangkaian acara Lustrum VI Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 31 Mei 2013.

Download "Parenting for Virtual Generation" Here!


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Refrensi Psikologi: Temukan Refrensi Penting Di Sini. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.